Senin, 15 Desember 2014

Makalah Manfaat Pembuatan Bahan Ajar




PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
                            ( Manfaat Pembuatan Bahan Ajar )                 


Dibuat Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah “Pengembangan Bahan Ajar”
Dosen Pengampu : EDI WAHYUDI, MM., T.Pd.

Disusun OLeh :
TATIK PRISNAMASARI (12451140 )

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PGMI ( V E)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI(STAIN)CURUP
TAHUN AJARAN 2014



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Bahan ajar adalah bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Dengan mempelajari manfaat bahan ajar ,maka bahan ajar mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dan peserta didik. Dimana peserta didik juga akan merasa lebih percaya terhadap gurunya menambah khazanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis dan membuat secara langsung bahan ajar
Di samping itu, guru juga dapat memperoleh manfaat lain, misalnya tulisan tersebut dapat diajukan untuk menambah angka kredit ataupun dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan.

  1. Rumusan Masalah
1.      Apakah saja dari manfaat pembuatan bahan ajar?

C.    Tujuan
1.      Agar Mahasiswa mampu mengetahui manfaat pembutan dari bahan ajar.






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Manfaat pembuatan bahan ajar
Sejumlah manfaat yang dapat diperoleh oleh guru apabila mengembangkan bahan ajar sendiri , antara lain:[1]
a.       Pertama bahan ajar yang diperoleh sesuai dengan tuntutan ,kurikulum  dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
b.      Kedua, guru tidak lagi tergantung dengan buku teks  yang terkadang sulit untuk diperoleh dan sifatnya sangat mooton dengan perkembangan dan persesuaian dengan kurikulum,
c.       Ketiga , bahan ajar menjadi lebihkaya karena dikembangkan dan dikemas serta diolah dengan menggunakan berbagai sumber referensi.
d.      Keempat , menambah khazanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis dan membuat secara langsung bahan ajar
e.       Kelima, bahan ajar mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan peserta didik . dimana peserta didik juga akan merasa lebih percaya terhadap gurunya .
Manfaat bahan ajar juga dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan dari pendidik dan manfaat untuk peserta didik. [2]
a.       Manfaat/kegunaan bagi pendidik
Setidaknya ada tiga kegunaan pembuatan bahan ajar bagi pendidik, diantaranya sebagai berikut:
1)      Pendidik akan memiliki bahan ajar yang dapat membantu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
2)      Bahan ajar dapat diajukan sebagai karya yang dinilai untuk menambah angka kredit pendidik guna keperluan kenaikan pangkat atau jabatan.
3)      Menambah penghasilan bagi pendidik jika hasil karyanya diterbitkan.

b.      Manfaat/kegunaan bagi peserta didik
Apabila bahan ajar tersedia secara bervariasi, inovatif dan menarik, maka paling tidak ada tiga kegunaan bahan ajar bagi peserta didik, diantaranya sebagai berikut;
1)      Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mengesankan;
2)      Peserta didik lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk belajar secara mandiri dengan bimbingan berbagai petunjuk bahan ajar dari pendidik;
3)      Peserta didik mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya.[3]

B.     Tujuan Pembuatan Bahan Ajar
Bahan ajar merupakan materi yang dikemas secara sistematis, sebagai sarana untuk mencapai suatu Kompetensi. Berlanjut dari penjelasan kelompok sebelumnya, kami menjelaskan beberapa hal penting berkaitan dengan tujuan pembuatan bahan ajar. Setidaknya ada 4 tujuan pokok dari pembuatan bahan ajar, ada empat hal pokok yang melingkupinya tersebut, yaitu :
a)      Untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan peserta didik;
b)      Membantu peserta didik dalam memperoleh alternative bahan ajar disamping buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh;
c)      Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran;
d)     Mengevaluasi materi yang disampaikan bagi peserta ddidk dalam memilih bahan ajar yang efektif untuk dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman
Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan. Melalui bahan ajar guru atau  dosen akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan mahasiswa akan lebih terbantu dan mudah dalam belajar. Bahan ajar dapat dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik materi ajar yang akan disajikan.  Bahan ajar disusun  dengan tujuan menyediakan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajar, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan  setting  atau lingkungan sosial siswa/ mahasiswa, membantu  pembelajar  dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh, memudahkan guru atau dosen dalam melaksanakan pembelajaran.[4]















                                                                          
                                                                    BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Manfaat pembuatan bahan ajar
Sejumlah manfaat yang dapat diperoleh oleh guru apabila mengembangkan bahan ajar sendiri antara lain:
1.      Pertama bahan ajar yang diperoleh sesuai dengan tuntutan ,kurikulum  dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
2.      Kedua, guru tidak lagi tergantung dengan buku teks  yang terkadang sulit untuk diperoleh dan sifatnya sangat mooton dengan perkembangan dan persesuaian dengan kurikulum,
3.      Ketiga , bahan ajar menjadi lebihkaya karena dikembangkan dan dikemas serta diolah dengan menggunakan berbagai sumber referensi.
4.      Keempat , menambah khazanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis dan membuat secara langsung bahan ajar
5.      Kelima, bahan ajar mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan peserta didik . dimana peserta didik juga akan merasa lebih percaya terhadap gurunya .








Daftar Pustaka
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press
Rahmi,Aida dan Harmi Hendra.  2013. Pengembangan Bahan Ajar MI.Curup: Lp2 STAIN Curup






[1] Aida Rahmi dan Hendra Harmi . Pengembangan Bahan Ajar  MI (Curup: Lp2 STAIN Curup,2013),hal.12
[2] Ibid.hal.13
[3] Aida Rahmi dan Hendra Harmi . Pengembangan Bahan Ajar  MI (Curup: Lp2 STAIN Curup,2013),hal.13-14
[4] http://neo-edu.blogspot.com/2010/06/tujuan-dan-manfaat-penyusunan-bahan.html.Diakses pada tanggal 10 Oktober 2014,Pukul 14:50s

1 komentar: