NAMA : TATIK PRISNAMASARI
NIM :12591140
PRODI : PGMI VI E
SKENARIO PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SD No. 03 Belitar Muka
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
III /II
Alokasi
Waktu : 1x Pertemuan (2 x 35 Menit)
Standar kompontensi :
Memperhatikan lafal dan ejaan dalam membaca tentang pengalaman.
Kompetensi dasar :
Menggunakan pilihan kata yang tepat dalam
menceritakan pengalaman melalui melalui
kegiatan menulis dan membaca nyaring.
Tema :
Berlibur Dapat di Mana Saja.
Strategi
pembelajaran terpadu : Menulis Bebas dan Membaca Bersuara.
No
|
Tahap
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
§ Pengkondisian kelas sebelum
dimulai pelajaran. (Guru: Melihat seisi ruang kelas apakah sudah kondusif
atau belum. Jika kelas belum kondusif, guru menata kelas dan mengkondisikan
siswa untuk tenang dan agar siap mengikuti pelajaran yang akan disampaikan).
§ Guru mengucapkan salam.
§ Guru mengecek kehadiran siswa.
§ Guru memberikan apersepsi
(penyampaian tujuan pembelajaran).
§ Guru memberikan motivasi dan
semangat belajar kepada siswa
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan inti
|
§
Guru
memberikan penjelesan bagaimana cara menulis yang baik dan benar, dengan
memperhatikan EYD.
§
Guru cerita tentang pengalaman berlibur dan
memberi contoh bagaimana cara membacakan yang baik dan benar dengan
memperhatikan, lafal, dan intonasinya.
§
Guru
memerintahkan siswa untuk menulis cerita berkesan (cerita pengalaman yang
tidak dapat) dilupakan. Pengalaman tersebut ada yang
membahagiakan,mengharukan, dan menyedihkan.
§
Setelah semua
siswa selesai menulis pengalaman mereka, siswa bergiliran membacakannya di
depan kelas. Dan siswa yang lainya
memperhatikan secara saksama, dan kemudian boleh bertanya dan memberi
pendapat tentang cerita yang dibacakan.
§
Setelah semua
murid selesai membaca, guru kembali mengambil alih proses pembelajaran dengan
memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil yang berkaitan dengan
pengalam-pengalaman yang di bacakan
oleh semua siswa.
§
Guru
memastikan bahwa siswa memahami tentang materi yang diajarkan.
|
45 menit
|
3
|
Kegiatana penutup
|
§ Guru memberikan kesimpulan tentang
apa yang dipelajari hari ini.
§ Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mencari buku,majalah anak-anak atau surat kabar.
§ Guru menutup pertemuan dengan
memberikan motivasi kepada siswa untuk
tetap giat membaca dan menulis
§ Guru menutup pelajaran memberikan
salam.
|
15 Menit
|
Contoh
Cerita Tentang Pengalaman Berlibur Yang Berkesan.
Akhirnya, Aku Bisa ke pantai
panjang Bengkulu !
Aku pernah
mendengar cerita tentang pantai panjang.
Suatu saat, aku
ingin ke sana, pikirku.
Tidak disangka, liburan yang lalu, pamanku beserta
keluarganya
datang ke rumahku di curup. Pamanku
tinggal di
Bengkulu. Mereka berada di curup selama
empat hari.
Saat pamanku dan keluarganya pulang ke Bengkulu,
aku diajak. Kata
paman, aku akan diajak ke pantai. Wah,
kebetulan,
pikirku. Hatiku sangat senang.
Tibalah hari yang aku tunggu-tunggu. Hari itu hari
Minggu. Kami
siap-siap berangkat ke pantai. Sesampainya
di sana, kami
langsung naik dokar. Kami mengelilingi
pantai dengan
dokar itu. Dan aku juga diajak paman pergi berkeliling kebenteng Marlioboro,
melihat peninggal- peninggal para penjajah.
Aku paling senang ketika mandi dipantai.
Walaupun panas,
aku menjadi tahu
bagaimana
rasanya mandi air laut. Siapa tahu,
Pengalaman ke
pantai panjang itu sangat mengesankan.
Aku tidak
akan pernah
melupakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar