Minggu, 11 Januari 2015

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP)




RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SDN 02 Belitar Muka
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester                    : IV/1
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit (1x Pertemuan)
Standar Kompetensi             : Mengindentifikasi pengaruh kegiatan manusia terhadap      keseimbangan lingkungan
Tahun                                     : 2014

       I.            Kompetensi Dasar
1.    Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
    II.       Indikator
1.      Menjelaskan pengertian ekosistem
2.      Menguraikan komponen dalam ekosistem
3.      Menyebutkan macam-macam ekosistem

 III.            Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa mampu menjelaskan pengertian ekosistem
2.   Siswa mampu menguraikan komponen dalam ekosistem
3.   Siswa mampu menyebutkan macam-macam ekosistem

 IV.            Materi Pokok
·         Pengertian ekosistem
·         Komponen dalam ekosistem
·         Macam-macam ekosistem

    V.            Metode Pembelajaran
·    Ceramah
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Tugas
            Model Pembelajaran
·      Model  inkuiri sosial

 VI.            Langkah- Langkah Pembelajaran
·         Kegiatan pendahuluan 10 menit
à   Guru Mengkondisikan para siswa untuk siap mengikuti pelajaran.
à   Guru Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan lafaz basmalah dan berdoa bersama.
à   Guru Menanyakan kabar anak-anak dengan ungkapan ”Bagaimana kabar kalian pagi hari ini?”
à   Guru Menanyakan secara sekilas kepada siswa mengenai pelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
à   Guru menuliskan judul pelajaran.
à   Memberikan motivasi..

·         Kegiatan Inti 55 menit
à   Guru menjelaskan garis-garis besar materi tentang ekosistem
à   Guru membagi kelompok
à   Guru membagikan membagikan modul kepada siswa.
à   Siswa mendiskusikan materi pelajaran tentang ekosistem
à   Siswa dipandu oleh guru mempresentasikan hasil diskusikan. Setelah menyelesaikan diskusi kelas siswa diajak untuk menyimpulkan pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
à   Guru memberikan evaluasi
                                                   
·           Kegitan Penutup 5 menit
à Guru menyimpulkan kembali materi.
à Tindakan lanjut/PR

VII.            Alat dan Sumber Bahan
·      Buku IPA kelas IV semester I terbitan ERLANGGA
·      John W Kimball.. Biologi Jilid 3 Edisi Kelima. Erlangga.
·      Modul
·      Internet

VIII.            Evaluasi
1.      Bentuk test      : Tertulis
2.      Teknik              : Esay dan pilihan ganda
3.      Instrumen soal

Soal Tes Tulis
 Jawablah pertanyaan dengan singkat dan tepat!
1.      Jelaskan pengertian ekosistem?
2.      Apa yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik? Berilah contohnya?
3.      Bagaimana tingkatan organisasi dalam ekosistem?
4.      Apakah bentuk interaksi predasi dan parasitisme sama ? jika tidak, jelaskan perbedaannya dan berikan kedua contoh bentuk interaksi tersebut !
5.      Mengapa komponen biotik satu ekosistem sangat di pengaruhi oleh komponen abiotik ?

Tes Formatif
I.                   Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c, atau d pada jawaban yang tepat!
1.      Komponen dalam ekosistem dibagi menjad 2 adalah ....
a.       Heterotof dan Biotik                    c. Heterotof dan Abiotik
b.      Autotrof dan Heterotof                d. Biotik dan Abiotik
2.      Ada dua macam ekosistem yang terbentuk di bumi kita ini, yaitu ....
a.       Alami dan buatan                          c. Biotik dan Abiotik
b.      Autotrof dan Heterotof                d. Alami dan Abiotik
3.      Ada dua pembagian atas Organisme autotrof ini yaitu ......
a.       Autotrof dan Heterotof                c. Fotoautotrof dan Kemoautotrof
b.      Alami dan buatan                          d. Biotik dan Abiotik
4.      Ekosistem yang terjadi karena peristiwa Alam disebut .....
a.       Ekositem sempurna                       c. Ekosistem buatan
b.      Ekosistem tidak sempurna            d. Ekosistem alami
5.      Pembagian ekosistem menjjadi alami dan buatan didasarkan pada ......
a.       Tempat pembentukanya                c. Waktu pembentukanya
b.      Proses pembentukannya                d. Sumber pembentukannya

Kunci Jawaban
Test Formatif 1
1.    D
2.    A
3.    C
4.    D
5.    B
Kunci Jawaban esay:
1.      Jawaban: ekosistem adalah kesatuan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungan yang di dalamnya terdapat hubungan interaksi yang erat dan mempengaruhi.
2.      Jawaban: komponen biotik merupakan ekosistem yang meliputi semua jenis makhluk hidup contohnya tumbuhan, hewan, jamur, maupun mikroorganisme lain. Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup, contohnya cahaya matahari, air, suhu, tanah, dan udara
3.      Jawaban: individu = struktur terkecil dalam ekosistem, populasi = sekumpulan sejenis, komunitas = sekumpulan populasi, ekosistem=kesatuan komunitas.
4.      Jawaban: tidak, karena predasi merupakan keseimbangan satu ekosistem contoh rusa, dan harimau.
5.      Jawaban: karena misalnya komponen biotik tanpa abiotik tidak akan hidup, dank arena biotik banyak di pengaruhi oleh komponen abiotik

             

                                                                                                            Belitar,  10 Desember  2014
  Mengetahui                                                                           
Kepala Sekolah                                                              Guru Kelas IV


( Soetarjo, S.Pd)                                                                (Tatik Prisnamasari, S.Pdi)
  NIP :1990088006 199704 4 005                                                      NIP : 12591140

Tidak ada komentar:

Posting Komentar