RENCANA
PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
02 Belitar Muka
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1x
Pertemuan)
Standar
Kompetensi : Mengindentifikasi
pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
Tahun : 2014
I.
Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi
keseimbangan alam (ekosistem)
II. Indikator
1. Menjelaskan pengertian ekosistem
2. Menguraikan komponen dalam ekosistem
3. Menyebutkan macam-macam ekosistem
III.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan
pengertian ekosistem
2. Siswa mampu menguraikan
komponen dalam ekosistem
3. Siswa mampu menyebutkan
macam-macam ekosistem
IV.
Materi Pokok
·
Pengertian ekosistem
·
Komponen dalam ekosistem
·
Macam-macam
ekosistem
V.
Metode Pembelajaran
· Ceramah
·
Tanya
jawab
·
Diskusi
·
Tugas
Model Pembelajaran
·
Model inkuiri sosial
VI.
Langkah- Langkah Pembelajaran
·
Kegiatan
pendahuluan 10 menit
Ã
Guru Mengkondisikan para siswa untuk siap
mengikuti pelajaran.
Ã
Guru Memberi salam dan memulai pelajaran
dengan mengucapkan lafaz basmalah dan berdoa bersama.
Ã
Guru Menanyakan kabar anak-anak dengan
ungkapan ”Bagaimana kabar kalian pagi hari ini?”
Ã
Guru Menanyakan secara sekilas kepada siswa
mengenai pelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ã
Guru menuliskan judul pelajaran.
Ã
Memberikan
motivasi..
·
Kegiatan
Inti 55 menit
Ã
Guru menjelaskan garis-garis besar materi tentang ekosistem
Ã
Guru membagi kelompok
Ã
Guru membagikan membagikan modul kepada siswa.
Ã
Siswa mendiskusikan materi pelajaran tentang ekosistem
Ã
Siswa dipandu oleh guru mempresentasikan hasil diskusikan. Setelah
menyelesaikan diskusi kelas siswa diajak untuk menyimpulkan pembelajaran
menjadi suatu konsep baru.
Ã
Guru memberikan evaluasi
·
Kegitan
Penutup 5 menit
à Guru menyimpulkan kembali materi.
à Tindakan lanjut/PR
VII.
Alat dan Sumber Bahan
·
Buku
IPA kelas IV semester I terbitan ERLANGGA
·
John
W Kimball.. Biologi Jilid 3 Edisi Kelima. Erlangga.
·
Modul
·
Internet
VIII.
Evaluasi
1.
Bentuk test : Tertulis
2.
Teknik : Esay dan pilihan
ganda
3.
Instrumen soal
Soal Tes Tulis
Jawablah pertanyaan dengan
singkat dan tepat!
1.
Jelaskan pengertian ekosistem?
2.
Apa yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik? Berilah contohnya?
3.
Bagaimana tingkatan organisasi dalam ekosistem?
4.
Apakah bentuk interaksi predasi dan parasitisme sama ? jika tidak, jelaskan
perbedaannya dan berikan kedua contoh bentuk interaksi tersebut !
5.
Mengapa komponen biotik satu ekosistem sangat di pengaruhi oleh komponen
abiotik ?
Tes Formatif
I.
Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c, atau d pada jawaban yang tepat!
1. Komponen dalam ekosistem dibagi menjad 2 adalah ....
a.
Heterotof dan Biotik c.
Heterotof dan Abiotik
b.
Autotrof dan Heterotof d.
Biotik dan Abiotik
2.
Ada dua macam ekosistem yang terbentuk di bumi kita ini, yaitu ....
a.
Alami dan buatan c.
Biotik dan Abiotik
b.
Autotrof dan Heterotof d.
Alami dan Abiotik
3.
Ada dua pembagian atas Organisme autotrof ini yaitu ......
a.
Autotrof dan Heterotof c.
Fotoautotrof dan Kemoautotrof
b.
Alami dan buatan d.
Biotik dan Abiotik
4. Ekosistem yang terjadi karena peristiwa
Alam disebut .....
a. Ekositem sempurna c. Ekosistem buatan
b. Ekosistem tidak sempurna d. Ekosistem alami
5. Pembagian ekosistem menjjadi alami dan
buatan didasarkan pada ......
a. Tempat pembentukanya c. Waktu pembentukanya
b. Proses pembentukannya d. Sumber pembentukannya
Kunci Jawaban
Test Formatif 1
1. D
2. A
3. C
4. D
5. B
Kunci Jawaban esay:
1.
Jawaban: ekosistem adalah kesatuan fungsional antara makhluk hidup dengan
lingkungan yang di dalamnya terdapat hubungan interaksi yang erat dan
mempengaruhi.
2.
Jawaban: komponen biotik merupakan ekosistem yang meliputi semua jenis
makhluk hidup contohnya tumbuhan, hewan, jamur, maupun mikroorganisme lain.
Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari
benda-benda tak hidup, contohnya cahaya matahari, air, suhu, tanah, dan udara
3.
Jawaban: individu = struktur terkecil dalam ekosistem, populasi =
sekumpulan sejenis, komunitas = sekumpulan populasi, ekosistem=kesatuan
komunitas.
4.
Jawaban: tidak, karena predasi merupakan keseimbangan satu ekosistem contoh
rusa, dan harimau.
5.
Jawaban: karena misalnya komponen biotik tanpa abiotik tidak akan hidup,
dank arena biotik banyak di pengaruhi oleh komponen abiotik
Belitar, 10
Desember
2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
( Soetarjo, S.Pd) (Tatik
Prisnamasari, S.Pdi)
NIP :1990088006 199704 4 005 NIP : 12591140
Tidak ada komentar:
Posting Komentar